Partisipasi pada Forum Al Quran dan Lautan

Dilaporkan pada Mailling List Alquran dan Lautan

Teman-teman anggota milis Lautan-Quran rahimakumullah,

Assalamu’alaikum wrwb.

Alhamdulillah kita bisa silaturahmi lagi. Saya sudah tiba kembali di Brunei dan kembali masuk kantor seperti biasa. Seminggu lalu, 5/5/05 – 14/5/05, saya ambil cuti khusus untuk memenuhi undangan rekan-rekan sekalian di 5 kota untuk berbagi pengetahuan dan membedah buku ALQURAN DAN LAUTAN. Sedikit berbagi cerita dan menangkap aspirasi forum hadirin, berikut saya coba “lapor”-kan:

BOGOR
Para dosen dan adik-adik mahasiswa dari berbagai fakultas dimotori Majlis Taklim Almarjan IPB, menggelar acara bedah buku di Auditorium FPerikanan&Kelautan IPB. Sekitar 300 hadirin memadati gedung ini. Acara dibuka dengan pertujukan clip video karya adik2 mahasiswa yang sangat mengsankan. Tentang dunia bawah air.  Pak Kurnia Kurnia yang menemani saya di meja panelis menggelar gagasan2 pengelolaan sumber daya kelautan berazaskan syariah. Sedangkan Pak Zulhamsyah Imran mencabar kita semua untuk menyelesaikan isu-isu seperti illegal fishing, perusakan ekosistem, perebutan wilayah tangkap dan pengelolaan pulau-pulau kecil di perbatasan. Termasuk ancaman pihak asing di periferi kepulauan luar Indonesia itu.

Pertanyaan2 para mahasiswa sangat cerdas. Tidak ketinggalan Pak Dr. Joko Purwanto yang ahli paleo marine (?) juga ikut angkat bicara menghangatkan diskusi. Saking antusiasnya, beliau setuju pada buku saya “2000%… bukan cuma
100%”, dan merekomendasikan para mahasiswanya untuk membaca buku ini. Ada juga mahasiswa yang menanyakan motivasi saya yang hidup di luar negeri sudah 7 tahun, tapi kok ya masih mau memikirkan Indonesia. He..he..

Leave a Reply