Pasar Central Hiroshima City: Pasar Ikan

Kata yang pantas keluar dari mulut adalah luar biasa saat melakukan kunjungan ke Pasar Central Hiroshima City pada tanggal 1 Maret 2012.  Pasar yang terdiri dari Pasar Ikan, Pasar Buah dan Sayuran, dan Pasar Bunga dikelola langsung oleh Pemerintah Lokal Kota Hiroshima.

Semakin terkesan ketika datang ke pasar ikan yang mulai ada aktivitasnya sejak jam 4.30 pagi waktu setempat, tidak ada kesan bau menyengat, bahkan bau amis ikan.  Lantai pasar bersih dan kering, tidak ada saluran yang berisi tumpukan ikan busuk, air pun mengalir begitu lancar.  Semakin terkesima, saat menyaksikan pelelangan ikan berjalan dengan lancar.  Banyak perusahaan yang melakukan transaksi di pagi buta tersebut.  Ikan-ikan akan dikirim ke luar pasar sentral sampai kepada konsumen melalui supermarket dan pasar-pasar kecil lainnya ke seluruh penjuru di Provinsi Hiroshima.

Beragam ikan di jual di pasar ikan ini, mulai dari ikan buntal sampai ikan tuna yang diimpor dari Bali, Indonesia.  Salah satu pengelola perusahaan importir menerangkan bahwa harga ikan tuna sirip kuning bisa mencapai 9.000 per kilo.  Sementara tuna yang telah di slice dalam ukuran yang kecil harganya mencapai 2.00 Yen per 200 gramnya.   Ikan hidup pun tersedia yang disuplai dari kegiatan budidaya yang dilakukan oleh para pembudidaya ikan di Jepang.

Sarana yang disediakan pun tidak tanggung-tanggung, pelabuhan untuk mendaratkan ikan, transportasi darat, parkir gratis, serta ruang pendingin.  Bahkan sistem pengelolaan keuangannya pun langsung ditangani para akuntan yang dilayani oleh perusahaan akuntan publik.

Masih banyak lagi cerita menarik lainnya.

 

Leave a Reply